Lalu apa rahasia yang Allah berikan kepada keluarga Imran dengan lahirnya seorang bayi perempuan? Bukankah yang Imran minta dalam setiap doanya adalah anak laki-laki?

doa pasti terkabul

Ya, Imran benar-benar bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada keluarganya; hadirnya seorang bayi nan cantik mungil.

Sebagai bukti kecintaan dan ketundukannya Imran sekeluarga kepada Allah serta untuk memenuhi nadzarnya dahulu. Imranpun tetap menyerahkan putrinya, Maryam, kepada pengurus Baitul Maqdis.

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّى لَكِ هَذَا قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ.

Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nadzar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakaria pemeliharanya. Setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakaria berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Qs. 37

Tidak bisa dibayangkan. Seorang hamba yang selalu terus menerus berdoa meminta keturunan seorang lelaki tetapi ternyata Allah memberinya perempuan. Sama sekali Imran tidak marah atau kecewa dengan pemberian dari Allah walau sebenarnya yang diminta seorang laki-laki.

Imran berkhusnudhan billah (berprasangka baik kepada Allah). Imran yakin bahwa Allah pasti memiliki rencana yang baik buat Imran sekeluarga. Jadi walaupun agak berbeda dari yang diinginkan tapi tetap saja Imran bersyukur sambil menunggu keajaiban Allah kelak.

Dan setelah ditunggu bertahun-tehun hingga Maryam dewasa, barulah ketahuan bahwa Allah telah memiliki rencana besar untuk Imran sekeluarga. Yaitu mengkabulkan doa-doa Imran dan istrinya sekian tahun yang lalu, terutama doa istrinya yang bernadzar bila kelak putranya laki-laki.

Yaitu Allah mengangkat derajat keluarga Imran dan putrinya yang shalihah, Maryam binti Imran!

Setelah Maryam dewasa, Allah mentakdirkan Maryam yang suci lagi perawan itu bisa mengandung tanpa sentuhan laki-laki manapun. Dan setelah masa hamilnya tua, Maryam melahirkan putra yang ditunggu-tunggu puluhan tahun yang lalu.

Ya, putra yang selalu dipanjatkan munajat doa dari kakeknya, Imran dan neneknya, Hannah. Lalu sang bayi laki-laki mungil itu diberi nama Isa

Subhaanallah. Masihkah memiliki rasa su’udzan kepada Allah tentang doa? Padahal Imran telah membuktikan. Dan memang Allah pasti akan mengkabulkan doa setiap hambaNya.

Wallahu a’lam.

Oleh: Abu Ibrahim

Baca Juga: Ar Rahman Ar Rahim

Sedang mencari karpet untuk masjid? Al Hidayat Karpet merupakan pusat jual karpet masjid terlengkap berkualitas Turki. Dapatkan penawaran harga karpet masjid terbaik hanya di Al Hidayat Karpet.