Berapa banyak orang yang apabila diajak/disarankan berdoa sering menolak atau terkadang terlihat cenderung melecehkan. Hal itu disebabkan –mugnkin- orang tersebut merasa kalau doa-doanya tidak terkabulkan.

doa pasti terkabul

Apabila menemukan orang-orang seperti contoh di atas maka seharusnya diingatkan agar orang-orang ini tetap mau berdoa kepada Allah Ta’ala. Bukankah Allah telah berfirman;

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. Qs. Al Baqarah 186.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ.

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”. Qs. Al Mukmin (Ghaafir) 60.

Jadi yakinlah saat berdoa bahwa Allah benar-benar dekat. Sehingga kedekatannya jauh lebih dekat daripada urat lehernya sendiri.

Apabila sudah meyakini seperti ini maka sudah pasti doanya akan dikabulkan. Sebab begitulah janji Allah yang tertera dalam surat Al Baqarah di atas. Apalagi bila permohonan doanya dilakukan pada sepertiga malam terakhir.

Tetapi sebaliknya apabila tidak mau berdoa –karena merasa memiliki kemampuan sendiri- maka Allah pasti akan murka kepada hambaNya yang seperti ini. Walaupun mungkin secara kasat mata kehidupannya terlihat nyaman-nyaman saja. Atau bahkan selalu terkesan jauh lebih baik daripada orang-orang beriman yang selalu berdoa dan memohon kepadaNya

Jangan dikira bahwa orang-orang seperti itu kehidupannya benar-benar nyaman dan tenteram. Lihat saja di berbagai berita; siapa para pemakai narkoba? Siapa yang suka dugem? Siapa yang rumah tangganya sering dilanda keguncangan atau keretakan? Dan masih banyak lagi apabila mau dibongkar mengenai hal ini.

Dari berbagai contoh berita di atas menunjukkan bahwa seberapa banyak pun harta kekayaan dan tingginya pamor seseorang. Apabila dia jauh dari Allah dan mengingatnya makas sesungguhnya dia perlu dikasihani. Sebab dia sedang tersiksa secara psikis. Sudah berapa banyak para artis atau orang-orang kaya (yang secara finansial sudah sangat berlebih) mereka melakukan aksi bunuh diri?

Padahal jika hanya untuk membayar para psikolog tentu uang receh mereka masih tersisa hanya untuk membayar para psikilog itu. Tetapi kenapa mereka tidak melakukannya?

Sebenarnya bukannya mereka tidak mau dan tidak mampu melakukan/membayar itu tetapi semua jawaban dan teori yang diberikan para psikolog itu tidak membuat hatinya merasa puas.

Oleh karenanya orang-orang seperti itu perlu diajak untuk kembali kepada Allah, bersimbuh dihadapanNya lalu berdoa. Kelak pasti hatinya tenang dan sejuk.

وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لا تُنْصَرُونَ

Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang adzab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi). Qs. Az Zumar 54.

Wallahu a’lam.

Oleh: Abu Ibrahim

Lanjutan: Doa Pasti Terkabul Bag.2

Sedang mencari karpet untuk masjid? Al Hidayat Karpet merupakan pusat jual karpet masjid terlengkap berkualitas Turki. Dapatkan penawaran harga karpet masjid terbaik hanya di Al Hidayat Karpet.